Bikin Koneksi Internet via Bluetooth Modem

Kemarin ada seorang teman kuliah (halo mr. fitra… :-) ) lagi kebingungan mau setting internet dari laptop lewat bluetooth modem HP. Moga-2 tulisan ini bisa sedikit membantu, setelah konsultasi via telepon masih belom sukses ;-)

Secara garis besar, langkah2 untuk connect internet via bluetooth modem adalah sbb :

1. Pairing device/hp dengan PC/laptop.

2. Detect modem. Jika HP-nya support bluetooth modem, maka di PC bisa diliat ci Control Panel –> Phone and Modem Options –> Tab Modem : akan muncul modem bluetooth.

3. Test modem. Pada Tab Modem di atas, klik modem yg akan di-test. Klik Properties, kemudian query modem.

4. Jika modem terhubung, akan ada respon dari modem.

5. Klik Advanced modem Setting. Pada isian Extra initialization command, isi dengan : +CGDCONT=1,”IP”,”APN_name”
#catatan : APN_name diganti dengan APN masing-2 operator, misal untuk IM3/Mentari, ganti APN_name dengan indosatgprs, sehingga extra initialization command menjadi : +CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”

6. Buat dial-up connection. Klik Control Panel –> Network Connection –> Create a new Connection–>Connect to The Internet–>Set up manually–>Connect using dial up modem–>Isi nama ISP terserah anda, misal Indosat. Pada isian user name dan password ngikutin operator masing-2, untuk indosat, username :indosat, password : indosat
Pilih modem untuk koneksi dengan modem bluetooth yang tadi disetting (ingat nomor port COM-nya). Untuk nomor dial-up adalah : *99#

Silakan dicoba.. :-)

84 comments on “Bikin Koneksi Internet via Bluetooth Modem

  1. saaaiiia dhah connect antra PC dengan hape tapi pas di query modem kok muncul kotak dialog yang arti indonesianyah” modem yang anda gunakakn telah dipakai oleh perangkat lain” sedangkant saaia gg pke fax atopun hal laint viia bluetooth ituu . .gmana yahhh??
    help heelp

  2. @chiipa :
    Saya pernah mengalami masalah tsb, sempat pusing juga.. Coba remove modem hp dari menu bluetooth device. Kemudian remove juga bluetooth device yang ada di hp. Pairing ulang dan buat koneksi baru. Saya coba cara tsb dan berhasil.. semoga membantu :-)

  3. @ujang :
    kalo telkomsel tinggal ganti APN-nya : telkomsel
    Jadi settingan extra : +CGDCONT=1,”IP”,”telkomsel”
    Untuk dial up-nya, user name : wap
    password : wap123

  4. @ gunawan :
    Untuk axis, setting ganti sbb:
    APN : axis
    Username : axis
    Password : 123456
    Jadi settingan extra : +CGDCONT=1,”IP”,”axis”

  5. mw numpank nanya… gue tu dah buka internet pake imdosat (IM3 and Mentari) isa sih… tapi low gue maw pake telkomsel (Kartu Halo) koq susah banget… gue penah calling operatornya dah be x x,, q mw call lagi tapi malu,, coz no telkomsel q itu prabayar so dia sa tw sp gue.. nah gue tu maw nanya soal APN tuk telkomsel yang flash. Low gak salah n low seinget gue telkom, nah ngetik telkomnya itu dimana?? low di HP setting APN da, nah low di Komputer APNnya dimana?? gue pake bluetooth soil low gak salah… plizz kasih tw gue yah.. kirim pesan ke http://www.syamudabordir.blogspot.com atau ahmad.mukhtasyam@yahoo.co.id

  6. @ fajar :
    Prinsipnya sama aja. Pertama install driver modem hp. Trus bikin koneksi dial-up. Nomor buat dial up inet CDMA kalo gak salah adalah #777. Untuk username : starone, paswword : indosat.

  7. mau tau hitungan pulsa per menitnya sama gak kalo pake internet via blotooth ke pc sama internetan pake hpnya langsung thanks

  8. @ jrink :
    Hitungan pulsa sama saja di hp dengan di pc.. yang beda adalah setting-nya time based atau volume based.

  9. kenapa ya koneksi pake blutut kok lama ya,lagian kadang kadang mau kadang gak padahal hpnya masih ada pulsanya lho..

  10. Truzz kalo pake Telkomsel gmn? kan ada paketnya tu telkomsel jd bs lebih murah dr im3 atau yg laen apm bwt telkomsel apa ya?

  11. @ jrink :
    Memang gitu mas…saya yang pake im2 unlimited aja juga kadang gagal connect..mesti redial beberapa kali. Kayaknya bukan masalah blutut-nya, atau ada pulsa apa nggak..tapi karena kualitas layanan dari operator makin payah :-(

    @ Setan :
    Coba lihat jawaban saya untuk sdr Ujang di atas.

  12. @ ruli : mahal apa nggak-nya itu tergantung tarif internet dari operator, bukan karena jenis koneksi yang kita gunakan. Untuk keperluan alat bluetooth receiver saya kira sekarang sudah sangat murah kok.
    Salam..

  13. mas low punya q pake telkomsel (kartu hallo). terus q gak tw passwordnya, tapi low indosat kayaknya gak usah pake passoword, coz law aku pake indosat sa langsung connect tapi kcptannya LAAAAAAAAAAAAMMMMMAAAAAAAAA bgd. lw telkomsel gak tw coz q lum sa makenya. please mas kasih tw aku password tuk telkomsel kartu hallo apa..? lw sa kirim ke ahmad.mukhtasyam@yahoo.co.id

  14. @ syam :
    untuk telkomsel (kartu halo)
    APN : telkomsel
    Username : wap
    Password : wap123
    Pastikan service GPRS sudah aktif. Jika belum, bisa datang ke Grapari atau ketik pesan SMS : GPRS kirim ke : 6616.
    Semoga membantu.

  15. ralat:
    dial : *99***1#
    ———————————————–
    rokok adalah pembunuh paling kalem buat perokok!

  16. Saya pakai BB curve 8310.sy udh coba berkali2.tp tetep g bisa.kartu saya mentari.mohon jelaskan.dan mhon tambahkan penjelasan koneksi lewat kabel data.terima kasih

  17. apakah setingan internet pake blutut sama dengan pake kabel usb?
    kalo beda tolong dong kasi setingan kalo pake usb

  18. makasih mas
    tdnya aku munyer2 cari tutorial yg begian
    setelah ku coba pke abjuran mas,
    alhamdulillah
    maknyoos.
    thaks

  19. Keren gw bisa internetan pake modem via blootooth… wakakak thx ahk cc senang gw ^^. tp ko mahal ya klo pake internetan di pc. ada usul ga pake provider apa yg pling murah….. gw pake nya gsm. bls ya kirim ke enail gw makasih cece cantik ^^

  20. Kalau via pc tampaknya lbh.mahal dibanding langsung hp.kl.timebase berarti apn nya jadi indosat@durasi.?kl.pc suite udah pernah.untuk dial up belum nyoba.

  21. Qu pake axis setting kek gini :
    Username : axis
    Password : 123456
    DialUp : *99***1#
    Trus dah set at+cgdcont=1,”ip”,”axis”
    Ga bs connect, redial mulu,
    Ada yg salah ga ya set-nya? Mohon pencerahannya

  22. Hilluuu.. Dari kmaren sy bingun ngutak-atik liptup sy bwt dikoneksiin ke internet via blutut, trus barusan nemu cara ini. skrng sy mo nyoba.. Doain sukses Yaaaaaaaaaaaaaaahhhh!!

  23. saya punya warnet tak pasang blotooth terus saya pnya laptop acer mau tanya
    gimana caranya sharing konesi internet dari warnet saya ke laptop via blotooth dengan jaringan speedy

  24. saya punya komputer yang sudah terhubung internet dengan speedy…
    tp saya ingin menghubungkannya dengan komputer lain menggunakan bluethoot.
    gmna ya Pak?

    Trim’s atas jawabannya.

  25. mas kenapa ya waktu dialing nya lama………….!!! Banget terus error kira kira masalah nya apa ya?

  26. pak mohon tuntunan seting internet ( paket internetan dari telkomsel ) pake modem bluetooth, terima kasih atas infonya….

  27. misiii…
    mau bantu agan-agan yang pengen connect internet dengan bluetooth dan hape
    aq pake nokia 2600 classic dan kartu axis

    sebelumnya sempet ga bisa2..
    tp setelah searching ma om google..
    akhirnya dapet settingan yang pas dan berhasilll
    ugfff… senangnya…

    ini settingannya..

    Cara setting manual :

    – Klik control panel
    – Network connections
    – Create a new connection -> connect to the internet -> set up my connection manually -> connect using a dial up modem -> isikan ISP (terserah kamu contoh: Axis-Net) -> isikan phone number : *99***1# -> username : axis – pasword : 123456 -> finish.
    – Catatan : klik control panel – phone and modem options – Modem properties – advance – diisi command : at+cgdcont=1,”ip”,”axis” tapi jika masih trouble ada baiknya “command” tersebut dikosongi saja (tidak apa-apa).
    – Sambungkan PC dengan HP (pastikan driver sudah terinstal sempurna) kemudian klik start – connect to – pilih ISP yang kamu buat tadi – klik dial – semoga sukses….

  28. Mas, gmana caranya menggunakan bluetooth yg ada di toshiba L645new, dgn modem HP samsung monte s5620,klu pake bluetooth yg laen sih udah berhasil, tolong bantu ya mas, Teim’s

  29. Cara seperti diatas itu khusus untuk type handphone tertentu or untuk semua jenis handphone ???

    Klo untuk type hp tertentu saja. Bagaimana dengan type hp nokia 2700 classic.
    Tolong donk kasih pencerahan coz saya pakai hp nokia 2700 classic.

    Thank you…

  30. Mas, saya udah nyoba tutorialnya, tapi pas saya mau ngisi Extra initialization commands nya ga bisa, ga bisa d klik untuk nulis, gimana tuh ? Ada kesalahan dimana ?

    Tolong bantu ya, saya udah muter2 google 3 hari 3 malem ga bisa2, haha, jawabannya kirim aja ke email saya :

    rizqi.ajaa@yahoo.com

    Makasih :)

  31. @rizky ane jwb skrg ya,msuk kstart,cntrol pnel,hadware&phone,lihat gambar modem/hp yg kita pkai buat modem,klik kanan dgmbar itu,propertis,modem,klik change setting biasanya ada disebelah kiri bawah klik ok, pilih advance!,psti udh bs diisi tuh extra initial

  32. Gan, bluetooth device gw dah connect ke hp, tp tetep aja nd ndk bisa connecting dial up,, kartu gw As T-sel. gW minta tolong Gan, jelasin sedetailnya…
    n thanks 4 your posted…

  33. untuk prtanyaan tlong dprjelas agar mdh dmngerti!!! @iif tdk bs connect dialup gmn mksdnya?,biasanya jika ga2l konek dialup akan ada pringatan error blablabla!,pke hp apa? @hadi wush/tdknya coneksi trgntng dr oprtor yg dpkai/sinyal yg ddpt!!!

  34. Mas, mau tanya, bgmn setting internet connection di pc dg menggunakan modem samsung monte dan provider xl unlimited ? mnt tolong langkah2nya dr mulai hp sd ke pc, thanks a lot..

  35. Ka! Kalau phone nambernya telkomsel itu pake yang akhir 080989999 atau nomer phone kita contohnya 085222486xxx ? ? Tolongnya mas bantu . . . . Hatur nuhun . . .

  36. prtama2 saya ucpkn trmaksh yg sbsar2nya. saya mau tanya mengapa samsung monte saya bila di pake untuk tukar ato kirim pke blutut lwat komfuter bisa tapi sewaktu mau pke blutut untuk di jadikan modem ko ga konek2 padahal klo pake merk lain langsung konek ini sudah saya coba brkali2 ko ga bisa trsambung ke pc kalo di jadikan modem lewat blutut. trimksh bnyk ats prhatianya.

  37. Mo nanya, klo mau buat menu * Fishing * Kuliner * Tech * Umum * Unek-unek
    di blog bagaimana caranya? maklum baru belajar buat blog. hehehe. tks :)

  38. Ass.Om bgmna conection smart klo menggunakan bluetooth apa az yg harus di rubah asalnya hp modem karna sering pasang copot kabel jadi masalah Hpnya E329 k-Touch makanya pingi coneksinya pakai bluetooth terimakasih atas jawabannya ditunggu

  39. mas saya pake kartu XL tapi untuk koneksi internet via bluetooth modem nya gmana ? tolong berikan Pengaturannya makasih

  40. °̀̀́̀°̀̀́•​М̣̣̥̇̊α̣̣̥​̀̀́ĸ̀̀ά̲̣̥​ș̀̀́ι̥ȋH̲̣​̣̣̥•°̀̀́°̀​̀́̀°̀̀́̀̀• Infonya

  41. Saya pke Hp samsung champ C3303 i, laptop windows7. Gmn cara settingny klo mau lewat bluetooth. Mohon penjelasan dan terima kasih.

  42. Pingback: Wechat Buat Monte | WhatsAPP and Wechat

Leave a Reply

