Mancing ikan Nila

Beberapa waktu yang lalu saya mancing di kolam ikan kakak istri saya. Di kolam tersebut yang dominan ikan nila. Banyak sekali yang hilir mudik di permukaan. Tapi anehnya susah banget dipancing. Dapatnya gurameh melulu…padahal yang boleh dibawa pulang hanya nila.

Setelah cari info di internet, ternyata umpan yang jitu untuk ikan nila ini adalah lumut sawah yang banyak terdapat disekitar batang tanaman padi. Agar mudah dipasang dan tidak hancur, rendam dulu dengan air dicampur garam.

Nanti kalau ada kesempatan mancing lagi saya akan coba umpan ini.

Salam mancing :)

Update :

Tgl 10 okt berhasil dpt yg lumayan gede, 8 0ns.. pake umpan lumut sawah.. :-)

Nila 8 ons

Nila 8 ons

About these ads

140 comments on “Mancing ikan Nila

  1. saya suka mancing juga. tapi kadang-kadang.
    pernah pake umpan ulet nggak pak ? aku sering pake ulet yang ada di daun pisang yang masih hidup. jadi di air gerak-gerak. lumayan juga dapetnya

  2. Ayooooooo, mancing dilaut pak lebih enak. getaran-nya lebih terasa di tangan dan lebih cepat ilang. ikan-nya gesit gesit. sambar, sikat.

  3. Pengen juga sih mancing di laut…cuma masih belom kebayang pak. (alasan sebenarnya sih karena takut..belom bisa berenang..hehe :-) )

  4. @ pak fahrul & pak kris :
    Kapan kita mancing bareng pak? mumpung belom sibuk nyiapin proyek akhir..

  5. Sementara masih mancing di kolam milik family pak :D
    Thanks infonya, nanti kalo ada tugas ke Batam saya diajak mancing ya pak.. :)

  6. salam mancing mania…..dibali juga banyak ikan nila pak. coba aja mancing di DAM kali suwung ….

  7. @Muchlas :
    Mancing bandeng ya mas? saya belom pernah ngerasain tarikannya bandeng…katanya seru ya?

    @casper :
    Nanti deh kalo ke Bali saya mampir :-)
    Saya skrg lagi nyari tempat pemancingan (kiloan/harian) di daerah Bandung nih…belum dapet tempat ama temen buat mancing bareng..

  8. sama pak , saya juga suka mancing ikan nila , dan memang lumayah susah padahal sudah pakai cacing
    and untuk lumut saya belum pernah coba , boleh juga kapan – kapan kita mancing bareng pak.

  9. @iwan :
    Ayo mancing bareng pak… lokasi dimana? saya di jogja.
    Terakhir mancing nila pakai lumut berhasil dapet nila beratnya 6 ons :)

  10. aku ikut mancing bareng bos…aku jogja juga deket sungai opak, and sekarang lg musim nila…semalem ngangkat 4ekor tp pake umpan cacing…LUMAYANNNN buat sarapan pagi hehehehe………….

  11. Ayo mas Agus… aku diajak ke sungai opak.. dah lama gak mancing di sungai jee.. Udah pernah mancing di embung tambakboyo belum? kmrn sempat kesana, keliatan nila 5 jarian pada muncul ke permukaan.

  12. @ eos :
    Anterin ya kalo saya ke jakarta :-)

    @ arya septa :
    Tergantung target ikannya mas.. bisa pake cacing, jangkrik, telur semut, atau lumut. Bisa juga pake anak katak kalo targetnya ikan gabus. Coba deh baca-2 di http://www.fishyforum.com banyak kok tips dan trick mancing, termasuk umpan-2 yang jitu. Salam mancing..

  13. bos…aku pengen nanya …

    kl mancing di waduk ,n ikan nya nila ma ikan gabus…enaknya pake umpan apa?

  14. salam kenal ^_^ kalo saya paling sering mancing di danau universitas indonesia (UI) ikan nilanya sebesar 6 jari biasanya asaya pake umpan : belatung belimbing.lumut.udang

  15. Apa Kabar Pak.
    Saya mau naya umpan ikan mujair sama ikan nila sama ga umpannya tolong di jawab?

  16. @ anwar :
    Nanti kalo saya tugas di jakarta saya ikut mancing ke UI ya mas :-)

    @ cahya :
    lumut sawah tidak perlu diracik, tinggal pakai aja. Teknik memasang umpan yang perlu diperhatikan.. pegang senar kemudian diputar-putar pada lumut yang ditaruh dlm ember/tempat lain. nanti lumut akan otomatis tersangkut di kail.

    @ alit :
    Ikan mujair dan nila merupakan keluarga dekat, sehingga umpannya juga sama. Paling jitu adalah lumut sawah.. meski bisa juga pakai udang, cacing, pelet, dll.

  17. kloe mancing nila gk sa pake umpan lumut.
    pake ca cing ja da isa.
    asal umpan di turunin sampe bawah air.
    da tarik pelan2
    dan ikannya akan merasa terganggu dan langsung nyambar.
    gtoe d pengalamanku

  18. salam kenal semua… ikutan nimbrung bagi pengalaman
    pake tehnik lobang aja!!! dapetnya pasti nila n mujaer babon2, q dah tes tuh n hasilnya ruar biasa

  19. @ faudin : bisa coba udang, cacing, atau pelet.. Di Sempor banyak nila yah?? Salam mancing :-)

  20. Mancing di kolam komplek PEMDA Balikpapan ikannya sedikit…yang mancing Banyak…ya susah dapatnya…mending di Komplek REGENCY ada waduk didekat perumahan…IKAN nya Buesar buesar buaesar…NILA & Mujair…saluwang juga banyak…ikan pipihnya juga ada + Udang…ga percaya…coba aja….

  21. Eh benar lo…ikannya banyak waduk di Komplek REGENCY Balikpapan…kemarin saya dapat 13 Ekor hanya dalam waktu 30 menit….Hayo teman-tema yang hobi mancing silahkan coba…parkir kendaraan didepan Waterpark (Water Bomm)…aman lah …ada securitynya…jadi reka-rekan bisa tenang mancing lama-lam….selamat memancing….

  22. Joy dan Abal-abal orang yang sama ya? kok alamat IP-nya sama? hmm… lagi promosi ya? :D
    Pokoke…mancing…. :-)

  23. saya jg lg nyari info umpan nila karena ntar tgl 17 agustus 09 mau borongan nila dg saudara ” cucu simbah ” utk ngerayakan 17 an skalian ada kakak sepupu yg Ultah , untung saya dapat infi dari sini ,,,, oke ntar saya coba cari lumutnya smoga gak ksulitan carinya

  24. Klo gw sih paling suka umpannya pke cacing artau udang di potong kecil-kecil, lumayan dapetnya banyak.Waktu yang bagus buat mancing pada pgi atau sore hari.

  25. ikan nila emang beda banget dengan yang laen, soal umpan menurut saya hampir sama yang penting kita bisa tao lokasi sarangnya, yang saya maksud sarang tempat berkumpulnya nila kurang lebih kayak wajan penggorengan tempatnya di dasar air. Insyallah panjenengan panen nila kalo bisa tau.

  26. assalamualaikum…salam mancng MaNIa….t4 Q ( SOLO )..hehehe promosi…d5na bsa mancing bareng ma Tmen2…..Biar asyik….

  27. gelleng mai lae (kecil) kalau mancing di danau toba ada yang sampai 3 kilo satu ekor, umpannya kami buat lumut yang dalam air, warna lumutnya hijau tua

  28. tapi saya pernah mancing baru yang dapat sebesar 2,5 kilo satu ekor di danau toba kalau yang 8 ons biasa ma lae(hal biasa)

  29. informasi buat para pemancing mania , bagi anda yang bertempat tinggal di jawa baarat coba sekali kali anda kunjungi waduk jati luhur atau cirata pada bulan nopember dan desember 2009 ikan nya lagi bauuunnyak dan banyak yang gede2.

    lakasi jatiluhur : parang gombog ( siang dan malam ikan makan keumpan kita, karapyak, asem, nagrog , pasirlaya, cimpeureum dan banyak lagi yang lainnya anda bisa tanya ke nahkoda perahu yang mengantar kita ke lokasi pemancingan.

    lokasi cirata : pasir hayam, omas kecil, radin , kelebek, sereh ece, sereh batu, pasir wetan dll

    bagi anda yang mau mencoba mancing kedua lokasi tersebut anda bisa hubungi saya, saya hampir setiap mingu pergi memancing dan bisa mancing bareng sama saya dijamin puas . nama saya : Dani sunarya
    ALAMAT: Jl. Gegerkalong Hilir Bdg, no. 28/176/A
    No. Hp. 085 222 330 167 . ok Man selamat bergabung

  30. @ wawan : blom pernah ngail di waduk mas..
    @ xk : berhasil angkat brp ekor?
    @ wanto : cacing pita yg kayak gimana ya?
    @ broodins : sip..nice inpo.. :)
    @ mbah nila : nila babon ya mbah?
    @ lea : solo neng bengawan solo yo?
    @ pardede : wah..bikin ngiler tuh tarikan nila 3kg…
    @ dani : nice inpo gan… :)

  31. setahu gw pake lumut sawah,rebon[udang kecil],bekicot,darah kambing,bangkai ayam,
    ikan kecil,kepiting,t** manusia,umpan modern,semua udah gw coba,n berhasil!!!!.tapi cara yg paling efektif pake jaring atw beli dipasar,tinggal pilih yang mentah atw mateng
    ha……ha……..waka……kaa……..he……he……he…….gitu lo…..!

  32. kalo g di bandung mau ikan nila tinggal ke waduk jatiluhur (1jam dari bandung atau jakarta) temen2 g kalo mancing nila pada pake lumut sawah tapi g sekarang cari nila ditembak aja soalnya g sambil diving sekali dapet paling dikit 50 ekor dan yang g tembak biasanya yang diatas 1/2 kiloan

  33. tersera aja…….yg penting dpt ikan…….mau pake cacing,mau pake pelet,mau pake lumut……ada satu cara yg paling cepat…..yaitu kuras kolam atau angkat kramba, tangkap dah tu ikan
    …….hi hi hi hi hi hi hi hi hi hi hihz……..!!!!!!!!!!!!!

  34. Saya suka mancing di danau Cirata, hampir tiap hari Minggu, tapi perolehan tidak banyak paling hanya 3kg, seringnya di WO, gimana caranya untuk mengetahui dimana daerah mana kira kira ikan sedang kumpul

  35. Resep umpan nila baik di jatiluhur maupun di cirata :
    1. 1 bh telur bebek
    2. 1 lembar Keju kraff
    3. 2 tetes Essen kacang
    4. 1 sendok ebi yang telah dihaluskan
    5. 5 sendok bandul 97 atau 380
    6. 1 bks 48 udang

    caranya:
    Telur, keju, essen, ebi, bandul dan 48 udang diaduk sampai rata dikasih air secukupnya.

    Selamat mencoba, terbukti………

  36. Hampir setiap hari saya mancing ikan mujair di blumbang(bhs jawa)yang cukup luas,banyak ikan yang kelihatan nongol tapi tidak mau mendekat/makan umpan.Untuk umpatnya saya pakai lumut.Bagaimana caranya mengundang ikan tersebut agar mau mendekat dan makan umpan?trim.

  37. teman2 mancing ikan nila.saya punya resep umpan ikan nila.yang akurat.yaitu lumut.lumuk sangat banyak jeniisnya.ada lumut sawah(kasar dan halus).lumut selokan .ada lumut sungai hitam,coklat,hijau.lumut jangan dikasih resep lain (garam,cuka.dll)sebab akan cepat mati dan cacing2 yang ada dlm lumut.teknik memakai umpan lumut:cari lumut sebanyak2nya,pisahkan yang bagus2,sisanya digunakan untuk memanggil ikan(dicincang halus2 pakai pisau,dicampur dgn tanah,pasir lalu taburkan)kalau pakai lumut sawah sebaiknya yg halus dan sempurna hijaunya.kalauu kesulitan memasang umpan lumut,sediakan wajan yang lebar lalu isi air secukupnya masukan lumut.pegang mata kail dgn tangan kiri,tangan kanan memegang benang kail kira2 5cm,lalu regangkan dan putar lumuknya sampai tertutup mata kail dengan lumut.usahkan lumutnya kelihatan agak panjang.kalau nilanya berat 1 kilo keatas sebaiknya pakai mata pancing 6 s/d 9 carbon.pakai lumut hitam(rambuik) cukup putarkan dimata pancing(usahankan kelihatan pjg) tp jangan terlalu pjg.selamat mencoba.wsl.

  38. bukan bermaksud menyesatkan…pelet campur energen coklat, udah bisa bakar ikan mas..banyak lagi..heheh.

  39. salam kenal…sy tiap minggu mancing ke jatiluhur,kmarin libur 2 hari,ke pr gomong curug 3,cm hasil 10 biji/1kg,kira2 yg lg bgus di jatiluhur daerah mana ya thx before

  40. Salam kenal buat semua mancing mania…
    Saya senang bisa ikut share info di forum ini, kebetulan di Bandung saya dulu punya grup pemancing yang sering ke Cirata dan jatiluhur, sekarang domisili di Bogor, jadi ga bisa sesring dulu lagi mancing ke cirata dan jatiluhur. 2 bulan yang lalu terakhir mancing di spot cikelebek dekat spot rakit cikarapyak, cipeureum. Lumayan dapat patin ukuran 2 kg + nila ukuran 0.5 kg sekitar 30 ekor.

    Rencana mau mancing lagi sebelum bulan puasa, tapi lihat sikon cuaca; masih hujan terus… jika ada info spot Jatiluhur yang sedang rame, bagi-bagi informasinya ya.

    Salam untuk kang Dani Sunarya di Gerlong, kapan-kapan boleh dong ikutan mancing bareng kalau saya lagi ke Bandung… rumah ibu saya di Cipaku dekat Gerlong juga,… kabar-kabari ke email jika ada rencana ke jatiluhur.

    Thanks,

  41. salam kenal . . . saya mau tanya kalau di tamabk boyo lokasi macing yang bagus di mana ya. n umpan yang bagus apa ya . . .?

  42. setahu saya law pke lumut yg d rendam pke air garam palah sering hancur and cepet ilang dari mata kail………. ada saran yg lain gak nie………………

    thx………….

  43. salam kenal semua.. ..saya punya resep umpan ikan nila yaitu pakai pecahan beras,, caranya pecahan beras di taburkan ke kolam buat pengebom yang ke dalaman airnya 1-2 meter,, taburan pecahan beras tadi harus ngumpul jangan berserakan.
    Lalu umpannya pakai cotton buds anak-anak,, ambil gagangnya saja lalu di potong mirip pecahan beras dan di tancapkan pada mata kail,, mata kailnya yang 1 joran harus lebih dari 3.
    Cara melemparkannya harus tepat di taburan tadi,, dan jangan sering mengebom kalau masih banyak buih ikan.. ..Selamat mencoba..!

  44. makasih atas saranya…………. tp lw mancingnya d waduk gmna…???lw d bom pke pcahan beras ntar pasti kbawa ombak n kita gak thu tu bras da dmna???maaf ngrepotin makasih…………..

  45. temen2 ………. lw mancing pke lumut di waduk bgusnya pke mata kail yg kyak gmna???no brapa……………….. lw bisa tunjukin gambarnya ke q………………

  46. aji@la emg prnh nyoba sndri gk klo dremdam pke air grm bt lumut hancur..?
    didaerah saya (blora)bnyk tu lumut drndam n dcmpur gram,al hasil dptnya memuaskan.thx

  47. @andhika : lokasi mancing di tambakboyo yg sering saya liat org dapet ikan di sebelah utara-timur, deket pohon2 bambu.

  48. . salam kenaal gan.. saya gemar sekali mancing nila, tapi saya juga gag mahir mahir amat dalam hal mancing.. saya mau tanya n mohon bantuanya ‘ kira2 trik2 mancing ikan nila dalam lomba mancing nla itu apa ya,?? sebelumnya perlu diketahui kondisi disini kalau lomba dilarang keras makai umpan lumut, yang diperbolehkan cuma pakai cacing fosfor aja sedangkan pelet disini cuma berfungsi untuk bom aja biar ikan ngumpul.. mohon kalau ada yang berpengalaman untuk membagi tips dan trikx…
    sekian dan terima kasih… salamm strikee,,,

  49. lam kenallll…mancing lobangg??? saya sering denger …gimana caranya tuh…..kan dalem air…mohon infony dong…

  50. mr.abal abal saya pernah mancing regency balik papan emang banyak nilanya tapi kok bergincu….hehehehh …..lam kenal.

  51. Mancing nila jangan pas nila lagi ngapung, seharian juga gak bakalan dimakan, biasanya pas terik matahari, sekitar jam 1 – 3an.

  52. stresssssssssssssssssssss
    gimana ga stres info yang didapat: dinas perikanan demak menabur nila….
    ditulis: DILARANG MEMANCING !
    setelah 5 tahun mau dipanen ga ada yang mau karena banyak sapu-sapunya wkwkwkwk
    so, diperbolehkan untuk umum (asyiiiiik)
    satu temanku berhasil angkat nila 2kg.
    penduduk lokal berhasil angkat 5kg.
    mau ga mau ya ikut mencoba…
    yang jadi masalah, tuh nila ga mau makan umpan
    baik lumut, cacing, pelet, dlll
    karena air berwarna hijau dan mengandung banyak lumut !!!!
    so umpan apa yang bagus nih??
    padahal aku udah belikan pelet usper dari surabaya tetap nihil….

  53. ditmp saya berhubung daerahnya rawa banyak tuh nila berkeliaran,udah coba dipancing pakai umpan telur semut jg gak mau bingung jg mo coba pakai lumut.siapa tau mau ya…oh ya tolong info tips budidaya ikan papuyu ( betok ) dari tmn2 diforum ini

  54. Wah keren juga ya. Tapi saya biasa mancing di tambak. ndak ada tanaman padinya, cari lumutnya dimana ya Pak?. Biasanya mancing nila pake cacing…kalo pas rejeki ya dapet banyak. Tapi pas lagi ndak rejeki ya gak dapet. Padahal sebelahnya dapet banyak…hehe. Arumanis

  55. tolong dong umpan nila untuk mancing di danau toba saya udah coba lumut sawah yang halus tapi susah juga makannya yang babon

  56. sy dr jatinangor.bravo mancing nila,ikan sederhana tebal dagingnya,MANTAB pertarungan saat strike penuh tenaga apalagi ikan nila yg gede, buat brother semua sy mau tanya nih, kira-kira ikan nila kl dipancing pake umpan hidup terapung bagus ga ya reaksinya?ada yg pernah coba ga? bagi-bagi dong ilmunya.nuhun

  57. saya juga hoby mancing nila tapi untuk mendapatlan yang agak banyak sulit sekali, apalagi kalau ombaknya besar sangat sulit untuk mendapatkan ikan

  58. ada yang lebih manjur gak? coz dah tak coba mua,,,tapi hasile masih kcil tok yang terangkat

  59. ikutan ngepost refrensi mancing ikan mujair+low hand di waduk NGIPIK di GRESIK saya sring mancing di sana,mujairnya jumbo”+ada ikan low hand’x juga ukuran 5jari”,utk umpan,pake aja yg uda di post’in ama bapak” di atas pasti jalan!!terakir saya mancing dpat mujair ukuran 9ons 5 ekor yg 5jari gak kehitung!silahkan mencoba!!!

  60. cing euy nubenerna kmha ieu teh …nyieun eupan keur lauk nila di WADUK saguling teh…anu jetu, lain heu2reuyan, salam nguseup.

  61. umpan bisa apa aja.pemancing yg sering jd juara pasti ga polos,percaya ma sy….ni sy kasih resep khusus buat pemancing,asli…klo org sunda pasti tau arti nya.SUR SANGUT SURYA JAYA,MEMEH NYANGUT TEANG HEULA INDUNG BUYUT SIA,BULU ITIL SING ALACIR,BULU KACANG SING ARULANG,ARELOT JALAN KA JAMI,CIT DACRIT SURYA MAKAN SIRIT,NGAIT KANU ANAKAN,CLOM GIRIWIL-CLOM GIRIWIL.setelah itu klo org muslim baca BISSMILLAHIRROHMAANIRROHIIM.. ALAMTARO KAIFA FA’ALA ROBB (lempar dulu pancing yg ada umpan nya)lalu lanjutkan BUKABI ASHAABIL FIIL,’ALAM YAZ’AL QAIDAHUM FII TADLIIL,TARMIIHIM BIHIZAAROTIMMIN SIDZIILING FADZA’ALAHUM KA’ASFIM MA’KUUL.bisa dipake dmn aja,kolam,sungai,danau,cirata,jatiluhur dsb…Ingsya Alloh dulur…kasian bagi yg suka dapat sedikit trs…jgn lupa bawa kenek ato keddy+siapkan koja super jumbo/gede biar gak repot sendiri.HATUR NUHUN

  62. tah jampe2 bwt pemancing….cirata,jati luhur pasti memuaskan…apalagi kalo di cirata,jati luhur mancing nya malem2.pasti bawa ikan pake karung…koja ga bakal muat….

  63. saya menjual jimat untuk mancing..sgala umpan bisa dipakai. Untuk ikan ukuran 1kg harga jimat 250rb..Ukuran 2-3 kg harga jimat 500rb..dan untuk 4kg keatas harga 1 juta..jimat telah diisi roh dan jin yg sangat ahli dlm dunia air..jimat dpt memanggil ikan mendekat dari jarak 1 km..jimat berupa kotak kulit berukuran 10x10cm berwarna hitam dgn tebal 3 cm. cara pakai jimat harus digigit terus selama pemancingan tdk boleh terlepas..cocok untuk siapa saja akan tetapi tidak boleh diberikan pd balita dibwh 5 thn. jika berminat dpt mengirim email di ahli_jimat@yahoo.com terima kasih.

  64. salam strike u semua…. kalau mau ikan nila diatas 1 kiloan datang ke samosir ya… kita mancing sama2, disini da biasa yang ukuran segitu, apalagi kalau pake lumut… pokoknya asik nariknya.. makanya harus sarapan dulu sebelum mancing.. Samosir menunggu saudara2222ku sehobi… HORAS..

  65. Salam smua”untuk umpan nila coba aja: tepung roti,udang rebon ,susu bubuk,bisa tambah biskuit keju ,usakan umpan ga perlu bau anyir…klu bisa pake hu,ut atau atau pelet ma tepung roti untuk mengumulkan ikan dahulu”istilah nya di boom dahulu…baru pake umpan udang rebon tpung roti yg udah diracik…BUKTIKANNNN…..dan slamat mencoba….

  66. slam buat pmancing semua..
    ane kalo mancing nila biasa nya pake lumut n mncing ny di danau toba,,,
    tp akhir2 ni nila ny bnyk yg jual mahal, udah gak bnyk yg doyan lumut lg..
    kira2 pa umpan yg lbh jitu lg ya,,

  67. Law daerah cirata bagusnya pake cacing+essen daging,,,sebelum dilempar masukan cacing kemangkok yg sudah pake essen 3tetes+air biasa

  68. hayu donk ajak”nie mancing,,,,saya juga mancing mulu dibelakang rumah saya di danau beh lumayan sih dapat ikan patin 11Kg,,,cukup memuaskan tapi butuh waktu lama juga untuk dptnya,,,,

  69. kalo buat ikan nila atau mujair sih bener”jitu pake lumut nah di belakng rumah saya di danau bener”menggunakan lumut semua

  70. Minta info,bsk minggu 24 juni 2012 rencana mo mancing di lamongan, tambak daerah mana yg dipancingkan

  71. kalo mancing ikan air tawar di kecamatan brondong, lamongan pantura anda bisa mancing di sekitar desa widhe, misalnya di rumbuk tong, embong mbrengkok, embong lembor, bengawan, mbiyah dan waduk mbah alpin.

  72. Betul boossss,tp musim kemarau gini susah cari lumut sawah,padahal nila di kali pacitan lg makan”nya,,
    Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

  73. saya mancing ikan nila pakek lumut sawah, ikannya gak mau makan, selain lumut sawah pakek umpan apa yaaaa? agar ikan mau makan. trms

  74. CARA NYA EMBER BEKAS .KASIH TELUR UTUH PECAHIN AMPAS KELAPA SAMPAH RUMAH TANGGA MASUKIN SEMUA DI AMIMIN 1MINGGU – + CADI NANTI ADA ULATNYA TUH DIAM BIL MASUKIN TEMPAT KALO MAU MANCING KASIH PELET SEDIKIT ……….PADANG EDO

  75. Sebenernya gampang mancing ikan nila..ikan nila tu sebenernya ikan yg mudah bosen makan umpan. Tetapi sejatinya umpan lumutlah umpan yg bagus buat ikan nila.apabila anda ingin mendapat ikan nila yg di atas 1 kilo,carilah lumut yg kasar dan di campur panili atau pandan,karna ikan nila menyukai bau2 yg menyengat, agar ikan yg besar ,mau makan kail usahakan mata pancing dan umpan di letakkan di dasar tanah , karna ikan nila lebih suka mencari umpan di dasar,,dan jangan ke tengah cukup di pinggir aj dgn kedalaman sekitar 1 smpai setengah meter..coba aj mudah2an cara dari saya jitu.

  76. Umpan air tawar : air berwarna hijau = kasih uman putih atau coklat (mie rebus atau pelet). air warna coklat = kasih umpan putih banyakan amis nya. so apapun bentuk umpan, tinggal kita olah amis dan harumnya saja. yang terpenting adalah kroto dan pede kita terhadap umpan. umpan putih (keju, jagung manis, talas/ubi, ebi, deho, tongkol, mie rebus, santan kelapa, susu bubuk, snack, vanili, minyak ikan, mede, salmon), esen= daging, nangka, choya, kacang, sereh. tinggal mengolah sesuai keperluan. salam mancing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s