Unlock Huawei

Beberapa bulan lalu saya beli paket murah esia-huawei. Saya beli yang type hitam putih, huawei seri C2601. Setelah beberapa bulan setia menggunakan layanan dari esia, timbul keinginan mencoba layanan dari star one punya indosat. Layanan esia untuk telepon interlokal (jogja-bandung) harus menggunakan prefix 0101 (VoIP), sehingga kualitas suaranya kurang bagus…sering banget suaranya hilang..timbul tenggelam, bikin sewot kalo lagi ngobrol.
Setelah browsing saya dapatkan cara meng-unlock hp huawei, sehingga bisa diisi dengan kartu star one. Peralatan yang dibutuhkan adalah solder, kabel data nokia DKU-5, kabel mini USB, dan software unlock. Agak mahal juga sih…kalo dihitung-hitung malah lebih mahal daripada unlock ke tukang service handphone…mereka rata-2 minta jasa sekitar 30rb sampe 50rb. Tapi rasanya puas banget setelah berhasil unlock sendiri :-)
Dan sekarang saya udah bisa pakai kartu star one di hp hauwei tersebut. Kualitas suara lebih bagus, karena gak perlu pake prefix 0101, tapi langsung kode wilayah+nomor telepon. Soal tarif juga terasa lebih murah..nggak perlu nunggu 1jam dulu baru bisa murah. Memang kadang-kadang mati sendiri saat lagi telepon, tapi nggak sampai “nggondok” karena gak harus nunggu 1jam supaya murah.
Anda punya pengalaman juga soal unlock huawei-esia? atau pengalaman menggunakan layanan esia dan star one?

# Tambahan : Foto kabel unlock modifikasi dari DKU-5 Nokia + miniUSB.
Klik untuk memperbesar

159 comments on “Unlock Huawei

  1. Boleh pak.. :D
    Kalo mau beli, sebaiknya yg versi awal (agustus 07), soalnya tipe yg lebih baru agak susah unlock-nya.

  2. @igie :
    Untuk unlock hp (operator), prinsipnya diperlukan 2 alat, yaitu kabel data dan software unlock. Masing-masing HP memiliki kabel data dan software unlock sendiri-2. Untuk Huawei C2601 saya menggunakan kabel data nokia DKU-5, dikombinasi/disambung dengan kabel mini USB. Software unlock saya cari di google, yang berhasil unlock namanya software EPST.
    Kalo anda gak gitu paham, sebaiknya minta tolong jasa unlock HP di tempat-2 service/counter HP.. coz ongkosnya malah lebih murah daripada anda susah-susah bikin kabel data dan cari-2 software unlock.
    Contohnya untuk membuat kabel data C2601, anda perlu kabel data nokia DKU-5 yang harganya sekitar Rp 40.000,- (yang bukan ori), ditambah kabel mini USB sekitar Rp 10.000. Totalnya 50.000. Belum lagi harus nyari software unlock, trus beli solder buat modifikasi kabel data… Kalo minta tolong jasa unlock paling cuma sekitar 30rb-an. :-)
    Salam..

  3. saya punya handphone esia c2605 versi 15 februari 2008 dan c2905 gimana mas bisa di unlock gak? kalo bisa software nya apa dan ngambil dimana kasih tahu yaa.. makasih

  4. @sulistioko :
    Maaf mas, saya belom pernah nyoba type c2605 dan c2905.. itu type baru yg paket esia ngoceh itu ya? Saya sarankan dibawa ke toko HP / service HP, barangkali mereka sudah bisa unlock.

  5. bagi yang butuh software dan cara unlock esiabisa hub saya.. terutama versi november 2007 saya sudah sukses.
    kalo yg agustus2007 sih gak perlu software cukup utak-atik hp nya aja udah jebol tuh..bisa untuk all operator.

    bagi yg punya cara utk c 2605atau c2905 kita barter deh ilmunya.

  6. @gugun :
    Makasih infonya.. btw, yg agustus 2007 ada 2 type lock, yg awal agustus disebut SID-locked, bisa di-unlock hanya dengan meng-utak-atik tombol HP. Type yg kedua versi 17 agustus adalah MIN-locked, yg ini mesti di-unlock pakai software komputer.
    Ayo.. yg mau unlock C2601 silakan kontak ke bung gugun :-)

  7. @Bintang :
    Coba donlod di sini
    Tapi itu baru saya coba untuk C2601 versi 17 Agustus 2007, belum saya coba untuk versi sesudahnya.
    # Link saya hapus, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Silahkan search sendiri di 4shared.com atau tanya Om Google dengan clue “esiaPST”.

  8. Klo mau unlock modem wimode huawei ec325 gimana caranya?
    Sama neh, gondok banget, dah susah aksesnya, lemot, pulsa kemakan terus.
    Thanks banget ya klo ada yg berkenan kasih solusi.

  9. @BungBengbeng :
    Untuk unlock modem saya kurang tau mas…saya pesimis ada yang mau susah payah membuat unlocker-nya, secara pengguna modem wimode tidak sebanyak pengguna ponsel esia.. jadi pertimbangan ekonomisnya kurang menantang para hacker..IMHO.. :-)
    Saran saya sih mending beli ponsel CDMA murah ama kabel data buat internetan… misal nokia 2115/2116..kabel data DKU-5 aspal merk bluetech bisa dicoba. Saya udah pernah pake itu dan sukses, pakai kartu star one..lebih stabil dan murah.

  10. jadi pnasaran pengen nyoba ngutak-ngatik, tolong kasih tau untuk yang versi agustus 2007 kimana caranya ga perlu pake software tp bisa jebol. trus minta email-nya gugun yang mau bagi2 trik buat jebolin hp esia. trims

  11. @un3n:
    Untuk versi awal agustus 2007, bisa dibuka SID-lock-nya dengan memasukkan kode-2 tertentu lewat tombol hp… tapi saya lupa kode2-nya.. coba di-googling aja..
    Email bung Gugun biar beliau sendiri yang menulis disini…saya belom dapat ijin untuk meng-ekspos email beliau…semoga bung Gugun membaca comment anda..
    Salam…

  12. @cipluxs :
    Maap, saya gak punya unlocker untuk nopember 2007.. adanya versi agustus 2007.

    @august :
    Coba gabung ke forumponsel.com, barangkali ada member yang udah punya.

  13. soft unlock huawei 2802 (hidayah), 2601 des, 2801 22 jan. semua proses pake flashing.
    kalo minat via sms ke 085852548657. tx

  14. @ life in mono :
    Thanks udah berbagi info… semoga nantinya bisa ikut berbagi lewat tulisan di blog ya… :-)

  15. ass… mas aq punya motorola m1000 ex japan… tapi ngga bisa di pake di indonesia… ada yg tau mekanik unlocker tuk hp motorola m1000 punya saya ngga mas..? tolong informasinya mas…..

  16. @ reinaldi :
    Sory, saya gak punya… coba dibawa ke roxy, di lantai dasar deket pintu selatan mungkin ada yang bisa.

  17. @joe :
    Sory saya gak punya unlocker C2801. Coba bawa ke service HP, kayaknya udah banyak yg bisa unlock C2801. Kalo di jkt bisa coba ke roxy mas.

  18. cara unlocker C2801. di roxy mas dimana tepatnya tokonya?
    kira2 kalau sudah di unlock bisa pakai kartu cdma apa aja ya?.tnks

  19. @Tom :
    Lokasi persisnya saya gak tau.. coba aja tanya ke tukang service HP di sana, biasanya ada tulisan terima unlock. Setelah di unlock bisa pakai kartu cdma lain seperti flexy, star one, fren.

  20. @ darma :
    Maaf, saya tidak tahu mengenai tempat jual software unlock. Btw, kalo bisa gratis kenapa mesti beli? ;-)
    Om Google biasanya punya jawabannya, asal kata kunci yang kita ajukan tepat.

  21. @ kheisya :
    Contoh sambungannya udah saya tampilkan di atas tuh.. Untuk sambungan Pin out sbb :
    Pin mini USB ==== Pin DKU-5
    1 ==== V+
    2 ==== 6
    3 ==== 5
    5 ==== 7

    Butuh multitester untuk mengetahui urutan kabel dan pin-out masing-2 kabel. Gunakan solder dan timah patri untuk menyambung kabel.

    Saran saya, jika cuma mau unlock HP anda sendiri lebih baik bawa ke tempat service unlock..dihitung-2 biayanya bisa lebih murah.
    Lain cerita jika anda mau buka usaha jasa unlock :-)
    Atau mengejar kepuasan dengan unlock sendiri.. ;-)

    Salam..

  22. Om gimana cara menentukan urutan pin di DKU-5 dan mini usb, ceritanya aku mo buat kabel data tuk unlock esia.

  23. @Agus:
    Pakai multitester mas.. bisa dibeli di toko elektronika, harganya yang murah sekitar 20rb. Untuk urutan pin-out-nya, bisa serach di google.
    Semoga berhasil ya..

  24. Saya coba pakai DKU 11 punya SE dan mini usb, hasilnya juga ok ..

    nih cara nyambungnya

    DKU 11 Mini USB

    hijau ————————– putih
    putih ————————– hijau
    hitam ————————– hitam

    semoga bermanfaat.

  25. @ lukman :
    Makasih udah sharing.. :-)
    Cuma kadang warna kabel miniUSB tidak standar… barangkali bisa disebutin urutan/nomor kabelnya?

  26. Bos tolong dong hp esia huawei Versi 2.0 septmber 2007 gw eror gara2 gw ketik ##412365 Malah Muncul SID teruzz Call Ke Temen gw ya 02191565388 Bilang Cari Adhe,Dy nama nya agus Plizzzzzzzzzzz

  27. @ adhe :
    Kalo programing CDMA saya tidak tahu.. Barangkali bisa liat solusinya di sini
    Eh…atau mungkin HP-nya udah dijual ke orang yang namanya Agus kalee… oalah…. Agus Agus….. (kayak iklan Axis) :D

  28. @ achoen :
    Sory, saya bukan profesional “unlocker” :-)
    Hanya sekedar sharing, berbagi pengalaman saja.
    Menurut pendapat saya, untuk pengguna awam sebaiknya menggunakan jasa unlocker di tempat service hp atau toko hp, daripada unlock sendiri malah biaya yang dikeluarkan jatuhnya lebih mahal.

  29. tolong cara unlock huawei c2801, saya unlock malah gagal , langkah nya seperti apa ya.tolong bantu saya.thks

  30. Pelit gimana mas? software udah saya upload, tinggal download.. sambungan kabel sudah saya tulis…
    Lain kali, menulis comment jangan huruf besar semua ya…

  31. mas klo kabel datanya pake punya wimode huawei ec 325 bisa ga ya..
    sekalian mas kalo tau caranya unlock huawei ec 325..
    thanx ya..

  32. Mas Mo Tannya neh tu modifikasi kabel data na bisa dipake selain c2601 gak, trus kalo bisa type apa aj, seandaina gak bisa share lagi sih yang untuk laen na.oh iya satu lagi urutan kabel na kurang ngerti bisa dierjelas gak, warna2 na yang mas pake waktu buat.harap dibelez secepatnya mas, please!!! pa gak email ke saya dedy.priyatna@yahoo.com. tahnk sebelum nya

  33. Saya coba pakai CA 42 dan mini usb, sukses buat ngisi midi & wallpaper pake easycdma.
    sebagai catatan ada 2 macam CA 42 ( 3 kabel dan 5 kabel ), berikut cara nyambungnya

    CA 42 3 kabel, Mini USB

    merah ————————– kuning
    biru ————————– biru
    orange————————– hitam

    CA 42 5 kabel, Mini USB

    biru ————————– kuning
    putih ————————– biru
    hitam ————————– hitam

    semoga bermanfaat.

  34. @ hamdani :
    Maksudnya cara pake star one gimana? ya tinggal ganti kartunya aja kan? dengan catatan huawei-nya sudah di-unlock. Tarif s1 menurut saya memang lebih murah dari esia, setidaknya untuk panggilan ke sesama operator baik lokal maupun interlokal.

  35. READY…TESTED !!

    Mohon permisi Mr.BOLGER
    Bagi yg berminat, silahkan ym ane
    C2801 all ver >>>>> all ver
    C2802 all ver >>>>> Hidayah, Merdeka, Kasih/imlek
    C2807 all ver >>>>> Slank1, Slank2, Fu dan Bali
    C2606 all ver >>>>> Ngoceh1(all), Ngoceh2(greeen) dan
    Ngoceh3 (yellow)
    price: Rp. 100rb (old) – 2jt(new)

  36. CARA MENGATASI (SID keluar dari lingkup-masukan SiD yg berlaku)

    1. Masukan kartu Simcard Esia ke HP Nokia 2115, 6015, 6235 dll
    2. Ketik *3001#12345#
    3. Masuk NAM1 select
    4. Masuk menu CDMA settings select
    5. Masuk menu SID/NID list
    6. Masuk menu Home SID/NID
    7. Rubah Parameter Home SID1 dari 0 ke 10623
    8. Keluar
    9. smoga bermanfaat buat kita semua

    note: kalo udah tlg diinfokan kepada semua rekan2 yaa

    @mang_juhaii

  37. AGUS Says:
    8 February 2009 at 9:58 pm
    tolong cara unlock huawei c2801, saya u****k malah gagal , langkah nya seperti apa ya.tolong bantu saya.thks

    mamang sekedar ingin bantu dikit,
    WARNING: Pesen Om Bakrie Hp Huaweinya Jangan Diu****k

    Langkah-langkah U****K c2801
    1.Cek versi keluaran hp
    >> menu,setting,pengaturan hp, versi
    2.File U****K yang digunakan
    >> ada 3 jenis; flash (prog pst), Diag, oneklik (exe)
    3.Kabel data yg digunakan
    >> USB modif seperti TEMA kita, usahakan yg bs ngecas
    4. Proses executed
    >> Bagi yg blm punya bs ym mamang + konsultasi online
    via ym (mang_juhaii@yahoo.com

  38. akang2…bs bantu g ?

    neh aku punya huawei c2905

    mw coba unlock ke all CDMA oprator

    tp dah aku bw jalan2 g ada yg trima

    ada solusi ndak ? thank’s be 4

  39. @mang juhaii,
    yg cara mengatasi sid itu, ntar hp nokianya bakal knapa2 ga? apa cuman ngubah setingan di simcardnya aja? terima kasih!

  40. gmn mo u****k coz huawei C2905 pnya qu aza ga tau versi brpa…dah pusing jg cr jasa service u****k nya.so, bantuin yg selengkap2nya donk…
    cek di settingan version nya gn :
    boot :6000P1B102
    SW :C2905C49B101
    PRL : 1
    send me at solid_zephyr@yahoo.com
    plissss….
    thnks

  41. Kang Bos,, kalau untuk esia slank/c2807 tu unlock nya udah da lum y???
    klo udh ada mhon sharing nya dunk,,

    matur suwun

  42. ada yg bisa bantu aku mau bikin dari CA-45 disambung ke mini usb berikut ini warna kabelnya :

    CA-45
    putih
    biru
    orange
    hijau

    Mini Usb
    cokelat
    kuning
    biru
    merah

    Cara nyambungnya gimana yach thx :)

  43. Wah boleh juga nih artikel….
    Salam kenal om aku baru masuk di blog ini
    Kebetulan artikelnya pas buat saya yang ingin mempelajari unlock sebuah ponsel, tapi ngomong2 apakah semua ponsel GSM dan CDMA yang sdh di building bisa di unlock…? supaya bisa ganti kartu.
    Saya ingin bertanya sama Om gimana kalo hp Haier D1200P
    milik smart bisa ga om di unlock…?
    Kalo bisa tolong dong dikasih tau caranya.
    Tanks.

  44. Kalu Huawei c2606e bisa buat jadi Modem gak boss…?? Tulung dong Caranya Kalu bisa… gw Lagi pengen Ngenet kartu Wimode modemnya gak punya…

  45. CARA MENGATASI (SID keluar dari lingkup-masukan SiD yg berlaku)

    1. Masukan kartu Simcard Esia ke HP Nokia 2115, 6015, 6235 dll
    2. Ketik *3001#12345#
    3. Masuk NAM1 select
    4. Masuk menu CDMA settings select
    5. Masuk menu SID/NID list
    6. Masuk menu Home SID/NID
    7. Rubah Parameter Home SID1 dari 0 ke 10623
    8. Keluar
    9. smoga bermanfaat buat kita semua
    mu tny ini bs bt huawei seri c2606e ga y?? thx…

  46. Mo Nanya,, kok waktu aku gunain Huawei C2606e..
    Usb NYA gagg mau buka. malah ada bacaan USB NOT RECOGNIZED. apa yang salah dari hape nya.pdahal usb nya baru beli(original)

  47. mas mau tanya dong huawei c2606e bisa dijadiin modem ga dgn kartu mobi?
    kalo mau download drivernya dimana ya?
    trims.

  48. Saya rendra, dari tadi saya membaca se simak mungkin di halaman blog ini… ada yang bertanya bagaimana cara unlock hp esia huawei c2606e tapi tidak ada respon sama sekali dari yang punya blog.. gimana seh..?? yang lain di jawab tapi yang ini ga… tolong bantuannya… karena saya menggunakan huawei c2606e dan mau menggunakan RUIM yang lain… tolong bantuannya buat yang mempunyai blog ini n siapa saja yang mengetahuinya… email saya (re_set@rocketmail.com) terima kasih

  49. wahh…
    mantabh nih mas pri…
    ntar aku mo nyoba2 ahhhhh…
    klo gagal, dibantu yo mas….
    :shakehand

  50. mas mau minta petunjuk untuk type c2905 dong untuk bikin kabel sambungan ke laptop biar gambarnya bisa diganti sama lagunya bisa diganti, minta solusi dong , kalau boleh kirim gambar cara bikinnya, sebelumnya saya ucapkan trimakasih ya pak tolong kirim ke djono_oey@yahoo.com

  51. Om, dimana bisa beli kabel DKU 5 yang 13 pin? atau teman-teman yang lain ada yg tahu gak? saya sudah keliling mencari, yang ada hanya DKU 5 yang 6 pin… kalau ada teman-teman yg menjual, saya minat beli… terima kasih sebelumnya. (rudi_ikhwan@yahoo.com)

  52. Mas, numpang tanya donk….saya baru beli esia ngoceh slim C-2610. trus saya punya kabel bekas nokia type kabel DKE-2. saya cuma mau masukin ringtone aja ke hp esia saya..yang diperlukan apa aja ya? apa kabel DKE-2 bisa dipakai? kalo colokannya sih *plek masuk…makasih ya mas sebelumnya

  53. malam mas… mau tny donk aq bru bli esia ngoceh c2610 trus aq mau hps menu FB,TWITTER sm ADZANnya,, caranya gmn yac.. mohon dibantu kesulitan aq, thanks

  54. malam mas… mau tny donk aq bru bli esia ngoceh c2610 trus aq mau hps menu FB,TWITTER sm ADZANnya,, caranya gmn yac.. mohon dibantu kesulitan aq, thanks berat

  55. wah… ceritanya sama banget gan ma pengalaman ane.. mo ke jasa unlock..tapi penasaran mo belajar juga..eh berhasil tuh unlock C2606e ver.c aug 21..bener lebih mahal harganya dari jasa unlock ..tapi bagusnya ane dah punya kabel yg diperluin, dulu kabelnya buat N*kia 2116 yg dijadiin modem..nah sekarang berguna juga buat unlock cdma huaw*i , sekarang pake telpon murahnya *one deh tuh dihape e$i@.. nais share gan …

  56. bos minta tolong donk…..
    hp esia saya tipe c2610 udah terdeteksi di komputer dengan memakai 6_usb manager.
    trus gmna caranya memasukkan ringtone dsb ke dalam hpnya, pake software paan?
    tolong informasinya ya ….
    kirimin ke email saya santoso_2009@yahoo.com
    plissss….

  57. pak…. untuk kabel ca 45 yang warnanya.. biru hijau putih ma orange gimana.. nyambungin k mini usbnya.. tolonkkk please…. pa dah nyoba nyambungin ga bisa 2 nich

  58. toloooong2.. hp qu,ESIA ngoceh SLIM,bru pke 2hri ud eror d layar cm ad tulisan PS T download.. n layarnya nyala trus.MOHON BANTUANYA SEGERA???

  59. mas…
    saya punya hape esia c2801, ga tau knapa hpnya ga bisa lakukan dan terima panggilan.

    tolong bantuannya mas, sblumnya terima kasih

  60. saya coba unlock huawei c2802 hidayah (aplikasi didapat dari salah satu forum hp),tapi malah gagal jadi hp nya matot,solusinya harus bagaimana,atau software apa untuk mengembalikan settingan hp seperti semula,maaf pertanyaan ini terlalu jadul,saya mohon bantuanya

  61. bagi agan semua yang pengen unlock modemnya cukup mudah koq..
    caranya..smsin aja no imeinya ke no ini 085263432188 ntar dikirim dech unlocernya..
    kalo mau ngasi pulsa 5000pun juga ga papa..hehehehehehe..itung2 nyari tambahan duit buat beli pulsa..hehehehehehehehe

  62. saya punya esia c2607 mas….kira kira bisa ngga??
    terus yg kabelnya itu kenaapa kok pake DKU-5…klo mini usb langsung gabisa ya???

  63. klo buat ringtone esia pk easycdma+kabel dku 2 modif,cr ini dah sy lakukan dan hasilnya ok

  64. klo buat unlock’y emang harus dowload dlu firmware’y g ne,….
    tolong d bantu y Mr. Blog
    thnk’s

  65. klo bwt unlock’y emang harus download dlu firmware’y g ne,…
    tolng d bantu y Mr.Blog….
    thnk’s..

  66. driver,PC suite n maskuin midi musik udah ok ne,…
    software bwt unlock’ya jga dah punya,tpi lom bisa cara’y
    trus g k baca pas mo d unlock’y,.mohon bantuan’y para master…..
    thnk’s,….

  67. Boss Ada yang tahu cara unluck HP Huawei C6300 GSM dan CDMA Esia Ga ?
    Kalau Tahu Please Pencerahaannya, Terima Kasih

  68. Mas,saya pnya Hp Huawei C6110.Ko Download kga bsa2,cara UnLock Code Manual-Nya gimana.Kasih tahu dong! Sudah Download kesana-sini kga nyangkut! Ada tulisan “TYPE MIME”.Tolong d bales

  69. bossss ane minta tolong niiih ada yg tahu cara unlock hp esia c6110 ane mau ganti kartu pakai flexi ajah..ditunggu yah booos

  70. mas bozz… flashing huawe C6110 pake sd crnya gmana??? kalo dah di flashing, bisa buat muter file video ga??
    tipe MIME tidak didukung mangsudnya apa ya?
    thanks mas bozz… dibantu ya..pemula nih…

  71. piti

    mas bozz… flashing huawe C6110 pake sd crnya gmana??? kalo dah di flashing, bisa buat muter file video ga??
    tipe MIME tidak didukung mangsudnya apa ya?
    thanks mas bozz… dibantu ya..pemula nih…

  72. bro mau tanya2 neh, gimana cara unlock esia hidayah c2802 ver c 2125 3 sep2008, gimana caranya, alatnya apa aja, n bagi sofware n tipsnya dong ,taxs

  73. pak atau mas, saya punya hp esia anak muslim merk Huawei C2856, ingin saya unlock biar bisa dipake untuk kartu flexi, itu bagaimana caranya ya…..tolong dong siapa yang tahu caranya…..kalo ada yang tahu tolong informasinya di email ke : bajukulabel@gmail.com. thanks….

  74. kak emang harga kabel data dku-5 sama mini usb berapa dan nyari software unlocknya dimana ? klo dah tau share ke email saya ya
    email:arayswl@muslim.com

  75. Langsung aja ya,

    Begini, saya sudah berlangganan ceria lebih dari 4 tahun. Saya menggunakan 2 modem, yaitu DTU-450 dan ETS2052.
    Yang menjadi masalah saya, saya ingin memasang kartu yang ada di ETS2052 ke DTU-450 karena kartu di DTU-450 sudah hilang. Tetapi ternyata DTU-450 saya kelihatannya sudah teregistrasi (hanya bisa dipakai) dengan menggunakan kartu bawaan pada saat pembelian saja. Saya biasanya menggunakan paket Rp.50.000 utk 60 jam/bulan

    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana cara mengaktifkan kartu/menggunakan kartu di ETS-2052 agar bisa dipakai di DTU-450 saya?
    2. Apakah ada modem DTU-450 atau sejenisnya yang bs digunakan tanpa harus berlangganan paket super deal atau extra deal?

    Atas bantuan dan jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya
    Candra

Leave a Reply

